Tradisi Juara Ekskul Paskibra SMPN 2 Banjarbaru

BANJARBARU – Pasukan Pengibar Bendera atau lebih keren disebut Paskibra, bukan hanya eksis saat tujuh belasan saja. Di SMPN 2 Banjarbaru, Paskibra menjadi salah satu ekskul yang cukup keren. Berbagai ajang kejuaran pun diraih. Ibaratnya, sudah tradisi menang!

Beberapa prestasi yang pernah diraih antara lain Juara 1 Nasional Tingkat SMP (2013),  Juara 1 Regional Kalimantan Tingkat SMP (2016),dan juara Juara 1 Provinsi Kalimantan Selatan Tingkat SMP.

Pembina Ekskul Paskibra SMPN 2 Banjarbaru, Taufik R Rahman, S.Pd mengatakan, untuk mengikuti suatu kompetisi Paskibra, yang perlu disiapkan adalah latihan rutin dan bimbingan langsung pada siswa.

Tim Paskibra SMPN 2 Banjarbaru sudah banyak menorehkan juara pada berbagai event tingkat nasional dan regional.

”Latihan rutinnya dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Tapi misalkan mau mengikuti perlombaan, minimal satu bulan sebelumnya kami sudah harus mempersiapkan. Jadi bisa tiap hari,” kata Taufik.

Namun yang paling utama, adalah mekanisme rekrutmen. Dia mulai mencari calon anggota dari sejak siswa kelas 7. Setelah proses perekrutan, selanjutnya ada seleksi. Dari 50 siswa, hanya 40 pelajar yang digembleng serius.

- iklan -

”Siswa yang saya bina tidak terlalu banyak, sekitar 30- 40 siswa saja. Karena jika kebanyakan, susah untuk mengontrolnya. Makanya tiap tahun itu saya batasi jumlah anggotanya supaya cepat jadi,” terangnya.

Pada tahap selanjutnya, Taufik membagi menjadi dua tim untuk memunculkan kompetisi sebagai terbaik. Nah, tim terbaiklah yang nanti akan diikutkan lomba.

Sementara anggota Paskibra SMPN 2 Banjarbaru, Januar Z Fajri mengatakan, alasan bergabung karena merasa bangga menjadi bagian dari kegiatan penting. Terutama saat upacara 17 Agustus.  ‘Saya terinspirasi dari Paskibraka nasional,” kata siswa yang punya cita-cita sebagai polisi ini.

Dalam hal porsi latihan yang diberikan, siswa kelas IX-J ini mengikuti kegiatan rutin 4 kali dalam seminggu. Porsi latihan mulai dari cara baris-berbaris, ketegasan melangkah, kerapian saat berganti formasi hingga ketahanan fisik.

Hal sama disampaikan Adelia Erlyn Nor Candra Prasetyana. “Awalnya dari menyaksikan pengibaran bendera di televisi, jadi terinspirasi juga saya ingin menjadi paskibra. Kebetulan di sini (SMPN 2 Banjarbaru) ada ekskul paskibra, langsung saja saya bergabung,” ungkap siswa kelas IX-E kelahiran Martapura ini.

Dari ekskul ini, banyak hal bisa didapat siswa. Selain sikap disiplin, tegas, juga lebih menghormati guru. ”Kami sangat berterima kasih pada pembina kami, yang sudah membimbing dari awal hingga sekarang,” tutur Januar. ***

Jurnalis RM. Herru Trio Chriesna F.
Redaktur Abi Zarrin Al Ghifari
Berita lainnya
Komentar
Sedang memuat...