SDN 2 Kemuning Siap Lagu Indonesia Raya 3 Stansa

BANJARBARU, Terpisah dari tanggapan Kabid Pembinaan SD Disdikbud Kota Banjarbaru, Edy Yuana Pribadi M.Pd mengenai penguatan pendidikan berkarakter melalui lagu Indonesia Raya versi 3 stansa (terkait dengan permendikbud) untuk tingkat SD, jurnalis kalimantanview.com juga langsung mengunjungi salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Banjarbaru, SDN 2 Kemuning.

PLT Kepala SDN 2 Kemuning, Zuraida S.Pd M.Pd menyampaikan, sekolahnya menyambut baik dan sangat mendukung pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui lagu Indonesia Raya 3 stansa.

”Dilihat dari sejarah, lagu Indonesia Raya itu memang memiliki 3 stansa. Jadi kalau memang kita diharuskan menyanyikan lagu itu dalam pelaksanaannya (pendidikan berkarakter dan juga saat upacara pengibaran bendera), tentunya kami sangat senang dan siap,” kata Zuraida.

- iklan -

Tujuan dari menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa ini, tambahnya, agar semua siswa mengetahui bahwa lagu Indonesia Raya itu memiliki 3 stansa, selain untuk membangun karakter kebangsaan dan kenegaraan para siswa. Seperti yang kita ketahui selama ini, upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin di sekolah-sekolah, hanya menyanyikan lagu Indonesia Raya 1 stansa.

”Kami akan segera memberikan pelatihan kepada siswa-siswa untuk menghapal lagu Indonesia Raya 3 stansa ini. Ada beberapa cara, salah satunya dengan mendengarkan langsung lagu ini kepada siswa-siswa melalui Handphone saat guru mengajar di kelas. Bisa juga melalui microphone sekolah (suara bisa disalurkan ke masing-masing kelas melalui speaker),” pungkasnya.

SDN 2 Kemuning pernah dikunjungi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy beberapa waktu yang lalu. Dalam kunjungannya, Muhadjir juga menyinggung mengenai pendidikan berkarakter di setiap sekolah.***

Jurnalis Dema
Redaktur Slamet Afifudin
Berita lainnya
Komentar
Sedang memuat...