Pawai 1 Muharram di Kotabaru Penuh Warna Islami

KOTABARU, Tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H dirayakan lewat berbagai kegiatan. Yang sudah jadi tradisi di Kota Baru, adalah pawai keliling kota. Nah, pemandangan tersebut juga terlihat di Kabupaten Kotabaru tadi pagi Kamis (21/09), dengan berbagai kostum Islami baik perempuan dan laki-laki. Dari pelajar, mahasiswa, hingga dari kalangan umum mewarnai jalanan pusat kota begitu meriah.

Replika unta semarakkan pawai 1 Muharram 1439 H di Kotabaru.

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Menuju Kehidupan dan Amal yang Lebih Baik”. Peserta mengambil start dari kawasan Semayap asrama Kodim 1004, kemudian jalan menuju wilayah Pangeran Hidayat, jalan Ponegoro, jl H Agus Salim kemudian finish di lapangan Siring Laut.

Lenggak lenggok peserta menampilkan keunikan kostum dengan berbagai variasi seperti halnya replika unta, mesjid yang terbuat dari botol air mineral, Al-Qur’an berukuran besar dan sebagainya. Dapat dipastikan pawai tersebut menyedot masyarakat untuk bisa melihat langsung dan dari kawasan Semayap hingga finish terlihat jelas ratusan masyarakat Kotabaru menyaksikan kemeriahan tahun baru Islam.

- iklan -

Dikatakan oleh Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru, H Imbran dihadapan Wakil Bupati Kotabaru dan pejabat teras lainnya bahwa, pawai 1 Muharram tentu memberikan wawasan serta kepedulian baik masyarakat maupun tingkat pelajar yang ada di Kabupaten Kotabaru terhadap peringatan tahun baru Islam.

“Selain itu itu pastinya juga untuk terus menjaga hubungan silaturahmi yang sudah terbangun dengan sangat baik dan berupaya menjaganya untuk kebersamaan di daerah baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” katanya.

Salah satu peserta dari kalangan pelajar mengatakan, dengan adanya pawai 1 Muharram yang selalu rutin dilaksanakan di Kotabaru tentunya secara tidak langsung ikut menjaga budaya yang memang sudah teragenda dengan baik.

“Saya senang ikut pawai seperti ini karena ikut berperan andil memeriahkan tahun baru Islam dan juga diharapkan hal-hal semacam ini akan terus terlaksana karena menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat yang menyaksikannya,” ucapnya.***

Jurnalis Fauzi
Redaktur Slamet Afifudin
Berita lainnya
Komentar
Sedang memuat...