Dishub Tambah 20 Mobil untuk Angkutan Pelajar Gratis

BANJARBARU, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru akan mengoperasikan 20 armada mobil tambahan untuk menunjang angkutan gratis pelajar. Rencananya, armada tambahan baru itu akan mulai operasi pada Oktober nanti.

Dengan tambahan 20 armada baru ini, maka ada total 60 armada angkutan gratis yang akan melayani antar-jemput siswa di Banjarbaru. Tambahan armada tersebut, meliputi 10 mobil jenis Avanza yang akan dimodifikasi yang merupakan bantuan Pemko Banjarbaru, dan 10 sisanya merupakan angkutan reguler dengan sistem sewa.

Hal tersebut disampaikan Kasi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Adi Suryanoor S.STP kepada wartawan Kalimantanview.com, Senin (25/9). Angkutan baru tersebut nantinya diutamakan menjangkau sekolah-sekolah yang letaknya jauh dari pusat kota.

Saat ini, angkutan pelajar gratis telah didistribusi untuk melakukan antar-jemput di SMPN 6 Banjarbaru sebanyak 4 unit, SMPN 9 sebanyak 6 unit, SMPN 11 sebanyak 4 unit dan sisanya sebanyak 6 unit beroperasi di SMPN 15. Perlu diketahui,  1 unit armada angkutan sekolah gratis hanya mampu menampung 10 siswa.

- iklan -

Baca: Angkutan Gratis Pelajar Tak Maksimal, Siswa Kembali Ngebut

”Kita ambil contoh di SMPN 6 Banjarbaru. Jika 1 unit armada hanya mampu mengangkut 10 siswa dalam 1 kali perjalanan (sesuai dengan rekomendasi KIR/penumpang layak angkut),  maka 4 unit dikalikan 10 siswa sama dengan 40 siswa yang bisa terangkut. Maka dalam 3 kali beroperasi (antar jemput) hanya bisa mengangkut 120 siswa saja,” terang Surya.

Pada dasarnya, untuk program angkutan pelajar gratis ini masih kekurangan armada.. Oleh sebab itu, Pemko Banjarbaru menjalankan angkutan sewa, yaitu dengan pemberdayaan Angkutan Kota (Angkot) yang ada.

”20 unit angkutan pelajar gratis tadi tidak berada dalam jalur angkot. Jadi jalur angkot ini ada 2, di Jalan Ahmad Yani dan di Jalan Mistar Cokrokusumo. Dari angkot-angkot yang ada ini, kami memberdayakan 20 unit juga,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya

Jurnalis Dema
Redaktur Slamet Afifudin
Berita lainnya
Komentar
Sedang memuat...